Minggu, 15 Maret 2009

Online Personal Branding Campaigns and Elections

The bustle of preparation of legislative elections will take place in April 2009 have already started. Spanduk kampanye para calon legislatif (caleg) dengan berbagai pesan moral, mental dan spiritual, yang intinya ingin mengatakan, “pilihlah saya”, betebaran di sepanjang jalan. Banner campaign for legislative candidates (caleg) with various messages moral, mental and spiritual, that essentially would like to say, "choose me", betebaran along the way. Beberapa rekan saya yang kebetulan merintis jalan menjadi caleg DPR atau DPRD mengatakan bahwa ratusan juta bahkan miliaran rupiah telah dikeluarkan untuk berbagai kegiatan kampanye mencari dukungan massa dan personal branding . Some of my colleagues the chance to become pioneer caleg DPR or DPRD said that hundreds of millions and even billions of rupiah has been issued for a variety of campaign activities and find personal support mass branding. Kebanyakan dana dikeluarkan untuk spanduk, kaos, dan bendera, meskipun adalagi yang mencoba membuat “keshalehan sosial dadakan” dengan memperbaiki jalan atau membangunkan fasilitas umum. Most of the funds issued for banners, t-shirts, and a flag, although adalagi the attempt to create "social keshalehan sudden" fix the roads or build public facilities. Jalan mahal, yang jujur saja belum tentu efektif untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. Expensive way, which is just not fair to effectively get sympathy from the public.

Investasi mahal dalam kampanye ini sebenarnya sangat disadari oleh partai peserta pemilu dan juga calegnya. Expensive investment in this campaign is actually realize the election by the party and also calegnya. Saya amati, terhitung sejak akhir tahun 2008, banyak pengurus partai dan caleg yang meminta analisa saya tentang seberapa efektif penggunaan Internet untuk sarana alternatif dalam kampanye ( online campaign ) dan personal branding . I observed, since the end of the year 2008, many party administrator and ask caleg that my analysis on how effective the use of alternative facilities for the Internet in the campaign (online campaign) and personal branding. Tren dunia politik di wilayah online ini meneruskan tren model marketing dan branding perusahaan di Indonesia juga menuju jalur online. Trends in world politics in the area of online trends continue this model and branding marketing company in Indonesia is also the path online. Tren ini tertangkap karena kebetulan dua tahun terakhir saya banyak diminta mengisi workshop internal tentang personal branding dan corporate blogging di berbagai perusahaan besar, khususnya yang bergerak di bidang perminyakan dan telekomunikasi. This trend caught fluke because my last two years prompted many workshops fill the internal branding of personal and corporate blogging in many large companies, especially those engaged in the field of oil and telecommunications.

Indonesia bukan negara dengan jumlah pengguna Internet yang kecil, ini hal pertama yang harus kita catat. Indonesian not state the number of Internet users is small, this is the first thing we should note. Jumlah pengguna Internet di Indonesia, menurut data terakhir dari Internet World Stats , mencapai 25 juta orang. Number of Internet users in Indonesia, according to latest data from Internet World Stats, reaching 25 million people. Rangking Indonesia untuk jumlah pengguna Internet setara dengan Spanyol, dan jauh meninggalkan negara tetangga kita seperti Philipina, Malaysia dan Vietnam. Ranking of Indonesia to the number of Internet users, equivalent to Spain, and far away countries such as our neighbor the Philippines, Malaysia and Vietnam. Dukungan total dari 25 juta pengguna Internet, lebih dari cukup sebagai syarat minimal untuk maju menjadi calon RI-1. Support total of 25 million Internet users, more than adequate as a minimum requirement for candidates to be forward-RI 1. Sesuai dengan UU Pemilu yang mensyaratkan bahwa calon presiden harus mendapat dukungan minimal 25% suara nasional (sekitar 23.9 juta). In accordance with the Election Law which requires that a presidential candidate must get at least 25% support a national vote (about 23.9 million). Inilah dasar argumentasi penting bahwa Internet seharusnya menjadi sarana efektif, dan mungkin paling efisien, dalam kegiatan mencari dukungan massa dan peningkatan personal branding. This is important basic arguments that the Internet should be the effective means, and may be most efficient, in the search for mass support and increased personal branding.

Online personal branding sebenarnya bukan hal baru di dunia teknologi informasi. Online personal branding is not something new in the world of information technology. Para penggiat dunia Internet dan teknologi informasi sebenarnya telah melakukan online personal branding , bahkan sering hidup dari hasil kegiatan itu, meskipun kadang mereka tidak sadar melakukannya. The energizer of the Internet and information technology it has been doing online personal branding, and even often results from the activities of life that, although sometimes they do not realize. Para programmer open source melakukan personal brandin g ketika mereka mengembangkan suatu software dan mereleasenya dengan bebas (free) ke publik. The programmer doing open source personal brandin g when they developed a software and mereleasenya with free (free) to the public. Para system administrator , system analyst dan security expert , semakin meningkat personal branding -nya ketika mereka berhasil membuat tulisan menarik dan unik di blog mereka tentang tren terbaru di bidangnya masing-masing. Personal branding semakin cepat terbentuk karena fenomena booming -nya layanan social networking bagi pengguna internet. The system administrator, system Analyst and security expert, increasing personal branding is successful when they make any posts this interesting and unique in their blog about the latest trends in their respective fields. Personal branding quickly form the booming phenomenon because its social networking service for internet users.

Kembali ke masalah online personal branding untuk para caleg partai politik, langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai membangun personal branding adalah melalui berbagai sarana online di bawah. Back to the online personal branding caleg for the political parties, the first step that must be done to begin to build personal branding is through various means of online below.

*

BLOGGING Blogging

Miliki situs blog dengan nama domain pribadi dan isi dengan tulisan-tulisan kita tentang pandangan politik kita, termasuk apa yang sebenarnya kita ingin perjuangkan di jalur legislatif ini. Own blog site with private domain name and content with our posts about our political views, including what we actually want perjuangkan in this legislative path. Jangan pernah hanya menggunakan waktu luang untuk menulis, tapi sengaja luangkan waktu dalam sehari untuk kegiatan menulis di blog ini. Blogging alias ngeblog adalah cara efektif dalam marketing di dunia maya. Never use only the spare time to write, but deliberately take time for the activities of the day writing in this blog. Ngeblog alias Blogging is the way effective marketing in the virtual world. Hal ini didukung oleh teori dari pakar branding dan marketing, P. This is supported by the theory of branding and marketing specialist, P. Montoya , yang mengatakan bahwa suara individu lebih dipercaya daripada suara institusi atau perusahaan. Montoya, who said that the individual voice sound more trusted than institutions or companies. Dukungan teknis datang dari CMS blog seperti wordpress , yang mempermudah proses Search Engine Optimization (SEO) khususnya jenis onpage lewat berbagai plugin-nya. Technical support comes from CMS like wordpress blog, which simplify the process of Search Engine Optimization (SEO) in particular types of onpage through its various plugins. Perlu dicatat bahwa jangan sekali-sekali melakukan copy-paste dari artikel dari tempat lain karena itu justru akan menhancurkan brand kita. Please note that not once in a while to copy-paste from an article from elsewhere because it would menhancurkan our brand.
*

SOCIAL NETWORKING SOCIAL Networking

Friendster dan Facebook adalah duo social networking yang sangat besar penggunanya dan sangat cepat dalam kegiatan pengumpulan massa. Friendster and Facebook social networking is a duo who are big users and very quickly in the mass collection. Indonesia tercatat sebagai pengguna terbesar di dunia untuk Friendster dan termasuk papan atas untuk Facebook. Indonesian recorded as the largest user in the world to include Friendster and Facebook to board up. Pengguna Internet di Indonesia bahkan mulai meninggalkan mailing list untuk sarana diskusi, menyebar undangan, sharing aktifitas dan mengumpulkan orang, karena semua bisa kita lakukan dengan berbagai aplikasi yang ada di layanan s ocial networking . Internet users in Indonesia, even begin to leave the mailing list discussion facilities, spread the invitation, sharing the activities and collect people, because all we can do with a variety of applications in the service s ocial networking. Perlu diingat bahwa melakukan hard-marketing ataupun spamming di layanan social networking dan juga aktifitas blogging adalah berbahaya dalam pembentukan brand kita. Please note that hard-do marketing or spamming the social networking services and activities, blogging is also dangerous in the establishment of our brand. Jalur soft-marketing dengan aktif berdiskusi dan menulis dengan logis serta ilmiah adalah jalur terbaik dalam personal branding . Personal branding dengan Facebook bisa memanfaatkan fasilitas Pages atau Groups. Channel soft-active discussions with the marketing and writing with a logical and scientific path is best in personal branding. Personal branding with Facebook Pages can use the facilities or Groups. Menambahkan Friends (teman) memiliki batasan 5000 orang, jadi alihkan strategi Add Friends ke Pages yang tidak memiliki batasan jumlah penggemar. Adding Friends (friends) have the limits of 5000, so switch strategy Friends Add to Pages does not have a limit on the number fans. Apabila memungkinkan gunakan juga social networking yang berbasis di video dan gambar seperti YouTube dan Flicker. If possible also use social networking based on the video and images such as YouTube and Flicker. Barrack Obama adalah contoh nyata bagaimana seorang politikus sukses melakukan online campaign dengan memanfaatkan YouTube. Barrack Obama is an example of how the real success of a politician doing online campaign using YouTube.

Terakhir, perlu kita pahami bahwa tidak ada cara instan nan cepat dalam personal brandin g. Finally, we need to understand that there is no way nan IM quick personal brandin g. Semua perlu waktu dan proses sehingga kita, karya kita dan pendapat-pendapat kita, bisa diakui dan dipercaya oleh masyarakat. All need time and the process so that we, the work of our opinions and we, can be recognized and trusted by the community. Saya sendiri juga memerlukan waktu bertahun-tahun untuk membuat pengguna Internet mau melirik dan membaca tulisan-tulisan saya di RomiSatriaWahono.Net . I also take many years to make Internet users want to squint and read the posts in my RomiSatriaWahono.Net.

Dan kemudian saya perlu beberapa tahun lagi setelah itu untuk bisa membuat personal branding saya terbentuk dengan baik. And then I need a few more years after that to be able to create a personal branding me with the good form. Sehingga saya dipercaya untuk bisa menjadi pembicara di berbagai seminar dan menggarap project pengembangan teknologi informasi di berbagai tempat. So that I can be trusted to be the speaker at various seminars and use of information technology development projects in various places.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini

About This Blog

Ada kesalahan di dalam gadget ini

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP